Ambassador Royal Thai Embassy Jajaki Sister City Dengan Kota Surabaya

By Admin

nusakini.com--Pemerintah Thailand berencana membangun hubungan sister city dengan kota Surabaya. Hal tersebut terlihat dari penjajakan dengan kunjungan ke Balaikota Surabaya, Selasa (29/8). Kunjungan disambut oleh Tri Rismaharini, walikota Surabaya di ruang kerja walikota Surabaya, Balaikota Surabaya. Dalam kesempatan itu, walikota Surabaya memperkenalkan potensi-potensi yang ada di kota Surabaya. 

Pitchayaphant Charnbhumidol, ambassador Royal Thai Embassy mengatakan, selama ini telah terjalin hubungan yang baik antara Pemerintah Thailand dengan Indonesia. Ia mengapresiasi kerja walikota Surabaya yang telah mendapat prestasi di berbagai bidang. 

Masih menurut Pitchayapant dengan adanya hubungan sister city, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama di bidang budaya memperkenalkan budaya satu sama lain, kerjasama dapat dilakukan dengan penampilan tarian tradisional. Selain itu juga hal-hal teknis lainnya yang mendukung. 

Sedangkan Tri Rismaharini, walikota Surabaya menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya telah menjalin sister city dengan berbagai kota di luar negeri. Di antaranya Kochi, Kobe, Kitakyushu, Chiangmay, Busan, dan kota-kota lain. Walikota juga menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya juga telah membangun coworking space untuk pemberdayaan pemuda di Surabaya. 

Sementara itu Dewi Wahyu Wardani, Kepala Bagian Administrasi Kerjasama kota Surabaya menjelaskan Pemerintah Thailand tertarik untuk menjalin sister city dengan kota Surabaya. Rencananya hubungan kerjasama sister city yang akan dijalin meliputi bidang pendidikan dan kebudayaan. 

Pada akhir kunjungan, dilakukan tukar menukar cinderamata antara kedua belah pihak. Ambassador Royal Thai Embassy menyerahkan buku karya Jim Thompson. Sedangkan walikota Surabaya menyerahkan patung akrilik Sura dan Buaya, kain batik motif semanggi dan udeng khas Surabaya. (p/ab)